Selamat Datang

SELAMAT DATANG DI TARA SALVIA

Dalam menyongsong perkembangan era globalisasi dan perkembangan kebutuhan di masyarakat dunia, kompetensi yang dimiliki oleh para siswa Indonesia tentunya harus dikembangkan dengan semaksimal mungkin sehingga mereka dapat menjadi bagian dari komunitas tersebut. Kondisi ini tentunya tidak dapat dihindari oleh sekolah mana pun di Indonesia karena kebutuhan akan perkembangan di segala bidang sedang menjalar menghampiri pelosok daerah, tempat dan siapa saja serta kapan saja tanpa mengenal batas. Sebagai bangsa yang besar, tentunya Indonesia harus siap menghadapi tantangan tersebut.

Sekolah Tara Salvia, dalam hal ini sebagai miniatur dunia, tentunya diharapkan dapat menyiapkan anak didiknya menjadi pribadi-pribadi tangguh, kritis, kreatif dan memiliki sikap positif dalam menghadapi segala perubahan yang terjadi. Sekolah harus siap membimbing anak didiknya untuk selalu berkembang di setiap belajarnya sehingga mereka nantinya akan menjadi siswa yang memiliki kompetensi di bidangnya.

Kelas sebagai tempat dimana komunitas belajar terjadi, mengharapkan guru dapat melihat kebutuhan siswa untuk belajar satu sama lain, bukan hanya dari gurunya saja, melainkan juga dari sesama temannya. Di lain pihak, guru pun dapat belajar dari para siswa.

Di dalam kelas, tentunya setiap siswa memiliki kebutuhan yang berbeda, hal ini tentunya harus sudah diantisipasi oleh sekolah karena sebenarnya sekolah adalah tempat berkumpulnya anak-anak yang berbeda, dengan dunianya sendiri. Sebagai miniatur dunia, kelas pun berfungsi sebagai laboratorium sosialisasi yang akan sangat bermanfaat bagi anak didik untuk saling mengenal dan mengembangkan toleransinya.

Sebagai pribadi yang unik, setiap siswa tentunya memiliki kekuatan dan keterbatasan yang berbeda satu sama lain. Di kelas ini lah guru melihat perbedaan-perbedaan ini sebagai suatu hal yang bukan untuk dipermasalahkan, namun sebagai awal untuk mengembangkan potensi mereka. Setiap kegiatan yang diberikan haruslah melihat kondisi siswa sehingga mereka merasa bahwa belajar merupakan hal yang menantang, tidak menjadikan mereka frustasi dan merasa gagal.

Sekolah Tara Salvia mengajak seluruh komunitasnya, dalam hal ini manajemen sekolah, guru, staf administrasi, dan tidak kalah pentingnya, orang tua. untuk bahu membahu menjalin kerjasama agar kualitas pendidikan dapat selalu terjaga sehingga seluruh siswa dapat berkembang dengan seimbang.

 

Angie Siti Anggari, S.Pd, M.Sc
Direktur Pendidikan