Belajar di Sekolah Lain

Setiap hari siswa SMP Tara Salvia belajar banyak hal dari lingkungan di mana mereka berada.

Di Kudus,para siswa SMP Tara Salvia bersama teman-teman belajarnya mengunjungi museum Purbakala Patiayam. Di Gunung Senthong Patiayam, mereka belajar Situs Fosil Stegodin Trigonocephalus. Mereka pun mengunjungi Menara Kudus (Makam Sunan Kudus).

Di Banjarnegara, siswa mengikuti silent reading di pagi hari. Mereka dituntut untuk belajar mandiri. Salah seorang siswa TS berkomentar: ‘ Kalau pembelajaran yang kreatif, kami sudah terbiasa. Tapi belajar serius tanpa harus terus didampingi guru, dan betul-betul belajar ya bu.. itu yang luar biasa ‘.

Di Pajarakan siswa memperoleh pengalaman mencanting. hasil karya batik tersebut akan dibawa pulang ke Jakarta. Di waktu luang (menunggu jadwal kegiatan selanjutnya), ada siswa yang belajar main sepeda, bermain hadroh, dan sekedar mengobrol dengan teman.

Siswa di Purworejo tetap semangat mengikuti kegiatan rutin kelas dan kegiatan di rumah.

Batin yang kaya akan mendorong seseorang untuk menjadi bijak. Agar menjadi kaya batin, pengalaman yang berharga menjadi salah satu pengisi batin tersebut. Sering berpergian tidak menjamin seseorang mendapatkan pengalaman berharga sehingga tidak memperkaya batinnya. Program Belajar di Sekolah lain bertujuan agar siswa memiliki kekayaan batin yang besar. Pengalaman-pengalaman yang diperoleh diharapkan dapat membuka mata hati siswa dalam melihat kebaikan.
Semoga mereka kelak menjadi generasi pelurus sejati..