Rangkaian Listrik Kelas 6

Jenis pertanyaan yang diajukan dan cara guru menanggapi pertanyaan dari siswa akan mendorong rasa ingin tahu siswa serta mengajukan pertanyaan lebih banyak lagi.

  • Bagaimana membuat rangkaian lampu seri dan paralel?
  • Mengapa kita perlu mengetahui perbedaan rangkaian seri dan paralel pada lampu dan baterai?
  • Bagaimana kita dapat mengidentifikasi rangkaian seri dan paralel di sekitar?

Untuk dapat menjawab pertanyaan tersebut, siswa melakukan percobaan membuat rangkaian lampu seri dan paralel dengan jumlah baterai dan lampu yang berbeda pada setiap rangkaiannya. Siswa melakukan analisa dengan membandingkan hasil percobaan untuk menemukan perbedaan dari setiap rangkaian yang dibuat.

Selain untuk menjawab rasa ingin tahu siswa, kegiatan ini juga melibatkan berbagai keterampilan proses sains seperti observasi, klasifikasi, komunikasi, dan mengambil kesimpulan. Siswa juga akan membuat rangkaian paralel dalam tugas unjuk kerja dengan membuat model lampu lalu lintas.