Menuju Sukses

Kegiatan siswa kelas 9 yang bertema ‘Menuju Sukses’ merupakan suatu proyek yang mengintegrasikan hampir seluruh mata pelajaran.

Kegiatan diawali dengan kunjungan belajar ke ‘Banten Berkebun’, di mana siswa melihat langsung area perkebunan dan belajar caranya bertanam, hingga panen.

Sekembalinya ke sekolah, siswa memulai proses bertanam, dari

mempersiapkan tanah, sampai menyebar benih.

Proses bertanam yang dilalui siswa sungguh merupakan suatu pembelajaran yang mengasah logika dan pengetahuan, namun lebih dari itu, bertanam melatih keterampilan dalam memecahkan masalah. Begitu banyak tantangan yang muncul dalam proses bertanam, dari mulai cuaca yang tak menentu hingga tantangan

bekerja sama dalam kelompok.

Beberapa kelompok mengalami kegagalan sehingga harus mengulang proses menanam dari awal. Beberapa kelompok mengalami masalah dalam saling memotivasi di dalam kelompok, agar terwujud peran dan pembagian tugas yang adil.

Selama enam pekan, siswa harus merawat tanaman kangkung dan bayam mereka. Kegiatan menyiram dua kali sehari harus konsisten

mereka kerjakan, sekalipun di akhir pekan maupun hari libur. Selama itu pula siswa harus mendokumentasikan proses pertumbuhan dalam suatu Karya Ilmiah dan membuat animasi yang menggambar pertumbuhannya dalam format animasi gambar.

Proses bertanam ditutup dengan kegiatan panen dan memasak bersama. Para orang tua diundang untuk mencicipi hasil masakan ananda.

Setelah itu setiap siswa harus mempresentasikan animasi proses bertanam yang sudah mereka buat, kepada orang tua masing-masing.